PENGALAMAN PRIBADI

Tonsilitis (radang amandel) biasanya disebabkan oleh infeksi virus tetapi bisa dari infeksi bakteri.
Gejalanya antara lain : sakit tenggorokan, sulit menelan, dan kelenjar getah bening sakit bila disentuh.
Penanganan bervariasi, mulai dari pengobatan rumah hingga operasi pengangkatan.
sebagian besar dialami oleh anak-anak.Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Organ ini berfungsi sebagai pencegah infeksi, terutama pada anak-anak. Seiring  dengan perkembangan umur, sistem kekebalan tubuh mereka makin kuat dan perlahan-lahan tugas tonsil sebagai penangkal infeksi mulai tergantikan. Ketika peran tonsil sudah tidak dibutuhkan lagi, kedua kelenjar ini kemudian berangsur-angsur menyusut.
Meski sebagian besar kasus tonsilitis tidak tergolong serius, namun tetap disarankan untuk menemui dokter jika Anda atau anak Anda mengalami gejala yang berlangsung lebih dari empat hari dan tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan atau gejala menjadi makin parah yang membuat Anda sama sekali tidak bisa makan atau bahkan kesulitan bernapas.
seperti yang dialami oleh anak saya bernama Kafa Damiond Gameel. umur 7 th dan masih kelas 1 SD. pada 2 th silam, dia di diagnosa amandel nya besar. lama kelamaan berangsur membaik. tp ketika sembuh, mulai muncul penyakit yang awalnya sejak bayi tidak memiliki suatu elergi terhadap apapun, akhirnya dy elergi terhadap makanan ayam, telur dan kacang tanah. well, saat itu saya hanya bisa melakukan yg terbaik untuk anak saya. dengan menjaga pola makan dy. tetapi yang namanya anak laki2, saya gak bs ngontrol makanan apa saja waktu dy sekolah, les, ataupun saat mengaji. Amandel dy sering kambuh dan kambuh. Batuk yang berkepanjangan dan sakit saat menelan makanan. awalnya, pada saat malam, dy batuk hebat sampai mengeluarkan darah dan itu ketika saya membawa dy ke rumah sakit swasta di diagnosa oleh dokter sp. anak bahwa anak saya terkena radang paru2. akhirnya saya opname kan. 
Setelah itu, dilakukan foto scan terhadap anak saya dan ditemukan pula amandel yg sudah sangat membesar. menutup saluran pernafasan sehingga harus dilakukan pengangkatan... shock saya sebagai ibu sangatlah hebat. pikiran saya kacau, apa yg harus saya lakukan... apakah anak sekecil ini akan menjalankan operasi? apakah anak sekecil ini mampu menahan rasa sakit pasca operasi yg begitu hebat? dan saya menfokuskan diri untuk menyembuhkan radang paru dy terlebih dahulu.
next, setelah beberapa hari berlalu, anak saya sudah sembuh dari radang dan diperboleh kan pulang. seperti biasa, kontrol ke dokter anak dan dokter THT telah dijadwalkan. Alhamdulillah anak saya sehat dari radang paru2. tetapi amandelnya tetap harus dihilangkan. saran dari dokter sp. anak, amandel yg membesar, yang menutupi saluran pernafasan, ketika nafas tidak normal , akan mengakibatkan gagal nafas. dan gangguan pada otak anak. Dengan niat anak saya sembuh, saya memutuskan dilakukan operasi tsb.

singkat cerita, sebelum operasi dimulai, puasa selama 6 jam itu wajib . beginilah keadaan anak saya setelah operasi.

sebesar itulah amandel anak saya. yg membuat dy susah bernafas dan mendengkur bila tidur.alhamdulillah lancar. dan pasca operasi saat terbangun dr tidur, di usahakan bs minum air putih dikit demi dikit. alhamdulillah tidak muntah saat itu dan dapat dilanjut dengan makan es crim.
hanya boleh makan es krim 3 hr. makannya pun bubur sumsum. Ketika di rmhsakit kelihatan sehat. dan bisa pulang. di rmhsakit hanya menginap 3 hr saja. dan singkat cerita, benar ternyata sprti yg saya baca di internet, pasca operasi dirumah lebih ekstrim. dy tidak makan 2 hr. ahhh, betapa bingung nya saya sebagai ibu. dan melihat si anak tak perdaya, tak mau makan dan juga minum rasanya miriss hati saya. setelah itu waktunya kontrol pun ke dr. THT tiba. diperiksa, katanya sudah membaik. karena sudah membentuk langit2 putih. dan dikasih puyer lagi sama dokter. alhasil waktu dirumah gak bisa nelan tuh si puyer. muntah2 terus. dan saya takutnya , dy akan mengalami pendarahan . saya langsung bawa kembali ke rumahsakit lagi dan lagi.
alhamdulillah setelah itu, berjalannya waktu, 4 hr di rmhsakit ternyata kemajuannya sangat luat biasa. mulai bisa makan bubur nasi. mulai bisa minum banyak, makannya jg banyak, alhamdulillah. pemberian suplemen makanan tetes yg buat anak saya dirangsang untuk lapar. sekarang saya sangat bersyukur kepada Tuhan. Tuhan tidak akan meninggalkan umatNya bagi yang mau berikthiar. anak saya sudah enjoy jalani hidupnya.... amandel adalah kekebalan tubuh. bertambahnya umur, amandel udah gak ada gunanya lagi. bertambah umur, amandel akan lebih sakit dan penyembuhannya lebih lama. anak saya 2 minggu sudah sehat. sudah bisa makan apapun yg dy mau. Thank to Allah, thnk to dokter2 dan juga perawat yg berperan bagi anak saya untuk sehat. sehat terus ya sayang... lope lope❤❤❤❤

Komentar